Rabu, 15 April 2020

Pembelajaran 4 Subtema 4 Penghematan Energi

Mantan KA UPTD
Setiap hari Udin dan Edo berangkat ke sekolah. Keduanya ke sekolah dengan berjalan kaki. Siti dan Dayu ke sekolah juga berjalan kaki. Ada juga teman Udin ke sekolah naik sepeda.

Bersepeda atau berjalan kaki bersama teman merupakan kegiatan yang menyenangkan. Bersepeda menghemat energi bahan bakar minyak. Karena berjalan dan bersepeda tidak membutuhkan bahan bakar minyak.

Menggunakan transportasi umum termasuk menghemat bahan bakar minyak. Penggunaan transportasi umum mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Semakin banyak orang menggunakan transportasi umum, semakin banyak penghematan bahan bakar minyak.
Setiap hari Udin dan Edo berangkat ke sekolah Pembelajaran 4 Subtema 4 Penghematan Energi
Isilah titik-titik berikut berdasarkan bacaan di atas!
  1. Sebutkan jumlah kegiatan menghemat energi di atas? Ada tiga kegiatan yaitu berjalan kaki, bersepeda, dan menggunakan transportasi umum.
  2. Apa saja yang termasuk kegiatan menghemat energi? Berangkat sekolah dengan berjalan kaki, bersepeda, dan menggunakan transportasi umum.
  3. Energi apakah yang dihemat? Energi yang dihemat adalah Bahan Bakar Minyak.
  4. Mengapa menggunakan kendaraan umum termasuk menghemat energi? Karena semakin banyak orang menggunakan transportasi umum, semakin banyak penghematan bahan bakar minyak.
  5. Mengapa kalian perlu menghemat energi?  Kita harus menghemat energi agar tercipta ketersediaan energi tetap terjaga baik di masa sekarang maupun di masa mendatang.

Ayo Menulis
Rencanakan kegiatan menghemat energi! Lakukan kegiatan tersebut selama satu hari! Tuliskan kegiatan yang akan dilakukan!
Rencana Kegiatan Menghemat Energi
Waktu pelaksanaan::Senin, 19 Maret 2019
Tempat pelaksanaan::.SD Cendekia
Kegiatan menghemat energi yang akan dilakukan:
  1. Berangkat ke sekolah dengan menggunakan sepeda;
  2. Mematikan lampu kelas pada saat siang hari;
  3. Menggunakan lampu hemat energi;
  4. Tidak menggunakan pengatur suhu ruangan/AC saat pagi hari.
  5. Mematikan kran setelah digunkan untuk cuci tangan.
  6. Menggurangi penggunaan alat listrik;

Catatan pelaksanaan:
  1. Bersepeda saat berangkat sekolah, mematikan lampu di siang hari, mematikan kran, mengurangi penggunaan alat listrik termasuk kegiatan menghemat energi;
  2. Kegiatan menghemat energi tidak hanya dilakukan di sekolah, namun juga dapat dilakukan saat berada di rumah.
  3. Kegiatan menghenmat energi merupakan kewajiban setiap warga sekolah.
Berjalan kaki ke sekolah sangat menyenangkan. Berjalan kaki ke sekolah termasuk menghemat energi BBM.

Pejalan kaki berhak mendapat keamanan selama berjalan. Pejalan kaki berkewajiban menaati peraturan agar selamat di perjalanan.

Ayo Berlatih
Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang. Agar semua dapat berjalan dengan baik.
Perhatikan gambar berikut! Tuliskan hak dan kewajiban agar tidak terjadi hal seperti pada gambar!
Setiap hari Udin dan Edo berangkat ke sekolah Pembelajaran 4 Subtema 4 Penghematan Energi
  1. Hak : mendapatkan sumber energi, Kewajiban : menghabiskan makanan yang sudah diambil;
  2. Hak : mendapatkan air bersih, Kewajiban : menggunakan air dengan bijak;
  3. Hak : mendapatkan lingkungan yang sehat, Kewajiban : menjaga lingkungan dari pencemaran;
  4. Hak : mendapatkan lingkungan yang asri, Kewajiban : merawat dan menjaga tanaman.

Ayo Mencoba
Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh termasuk kewajiban. Menjaga kesehatan termasuk sikap
berterima kasih kepada Tuhan. Kalian harus berterima kasih atas semua pemberian-Nya. Hal ini dilakukan dengan cara menjaga kesehatan.

Kesehatan dijaga dengan aktivitas jasmani. Aktivitas jasmani dapat dilakukan bersama teman. Lakukan aktivitas jasmani untuk melatih tubuh menjadi kuat dan sehat.

Lakukan aktivitas jasmani seperti berikut!
Setiap hari Udin dan Edo berangkat ke sekolah Pembelajaran 4 Subtema 4 Penghematan Energi
Cara melakukannya seperti berikut.
  1. Siapkan dua buah tempurung kelapa atau benda lain yang dapat menimbulkan bunyi.
  2. Berdiri tegak sikap sempurna.
  3. Melompatlah ke kiri dan ke kanan sambil menepukkan tempurung kelapa. Ayunkan tangan ke kiri dan ke kanan sesuai dengan gerak kaki. Kaki kiri diangkat, tangan mengayun ke kanan sambil menepukkan tempurung kelapa. Kaki kanan diangkat, tangan mengayun ke kiri.
  4. Pada hitungan keempat meloncat sambil putar badan menghadap ke kiri. Lakukan sambil menepukkan kedua tempurung kelapa.
  5. Lakukan gerakan sampai kembali ke posisi semula!

Apakah kamu dan teman-teman dapat melakukan gerakan dengan baik? Bagian mana yang paling sulit dilakukan? Bagian mana yang paling mudah dilakukan?